Menteri Perhubungan
(Menhub) Budi Karya Sumadi memproyeksikan, grand launching Kereta Api
Makassar-Parepare bisa dilakukan oleh Jokowi pada Mei 2023. Hal itu
dikatakannya saat melakukan soft launching jalur kereta api pertama di Sulawesi
tersebut, dengan menjajal jalur dari Stasiun Maros ke Stasiun Pangkajene.
Hari ini tapakan
sejarah, cita-cita Pak Presiden Jokowi membuat Trans Sulawesi. Kita memang
menghantar ini pada satu titik. Kita harapkan pada bulan Mei (2023) pak
Presiden hadir pada saat grand launching.
Selain
mengangkut penumpang, Kereta Api Makassar-Parepare juga bakal memfasilitasi
angkutan barang untuk sektor industri, khususnya semen milik PT Semen Tonasa
dan PT Semen Bosowa. Diharapkan, pengiriman dari semen bisa dijalankan. Insya
Allah bulan Mei kita undang pak Presiden untuk grand launching.
Adapun Kereta
Api Makassar-Parepare saat ini sudah memiliki dua jalur eksisting yang bisa
dioperasikan, yakni Garongkong-Mangilu dan Garongkong-Maros.
Sebelum
dibukanya jalur Garongkong-Maros, KA Makassar-Parepare sudah beroperasi secara
gratis dari Stasiun Garongkong ke Stasiun Mangilu. Jalur untuk tujuan wisata
ini memiliki panjang sekitar 66 km dan melewati 7 stasiun.
Ada satu kereta
yang melayani satu kali perjalanan pulang/pergi (pp) dari Stasiun
Garongkong-Mangilu pada Senin-Jumat. Sementara pada weekdays Sabtu-Minggu,
kereta tersebut beroperasi dua kali pp.
Dengan uji coba
terbatas dari Stasiun Maros-Pangkajene, maka dibuka satu jalur tambahan
Garongkong-Maros sepanjang 83 km. Sedikit berbeda dengan jalur Garongkong-Mangilu,
track Garongkong-Maros nantinya juga akan difungsikan untuk angkutan logistik.
Sebelum
dibukanya jalur Garongkong-Maros, KA Makassar-Parepare sudah beroperasi secara
gratis dari Stasiun Garongkong ke Stasiun Mangilu. Jalur untuk tujuan wisata
ini memiliki panjang sekitar 66 km dan melewati 7 stasiun.
Ada satu kereta
yang melayani satu kali perjalanan pulang/pergi (pp) dari Stasiun
Garongkong-Mangilu pada Senin-Jumat. Sementara pada weekdays Sabtu-Minggu,
kereta tersebut beroperasi dua kali pp.
Dengan uji coba
terbatas dari Stasiun Maros-Pangkajene, maka dibuka satu jalur tambahan
Garongkong-Maros sepanjang 83 km. Sedikit berbeda dengan jalur
Garongkong-Mangilu, track Garongkong-Maros nantinya juga akan difungsikan untuk
angkutan logistik.
0 komentar:
Posting Komentar