Instruksi Ganjar
Pranowo agar pembangunan jalan menggunakan aspal Buton murni di wilayahnya,
telah diterapkan di sejumlah ruas jalan. Salah satunya, ruas jalan
Salatiga-Ngablak.
Sub Koordinator
I Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Semarang Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya
Jateng, Api Diana Prasetyaji mengatakan, pihaknya menangani delapan ruas jalan,
yaitu Salatiga-Ngablak, Sruwen-Karanggede, Ambarawa-Bandungan,
Lemahabang-Kaloran, Ungaran-Cangkiran, Brigjen Sudiarto Semarang,
Semarang-Godong, dan Salatiga-Kedungjati. Untuk ruas jalan provinsi,
perawatannya menggunakan aspal Buton.
Kepala Dinas
Pekerjaan Umum Bina Marga Cipta Karya jateng Hanung Triyono mengatakan,
pihaknya telah memakai aspal Buton sejak 2015 hingga saat ini. Pada 2015 itu, proses
percobaan dilakukan di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah dan jalan provinsi
di Jalan Letjen S Parman Purbalingga.
Jadi dari 2015
itu kita mencoba untuk mengoptimalkan ini dengan baik. Hingga terbit Surat
Edaran dari Ganjar Pranowo No 000/4443 tanggal 28 September 2022, tentang
Pengunaan Aspal Buton dalam rangka Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri
(P3DN) di Jateng. Kita akan memanfaatkan sebesar-besarnya aspal Buton ini untuk
pembangunan jalan dan selaras dengan amanat Jokowi.
Sejak era Ganjar,
peningkatan pemakaian aspal Buton digencarkan. Provinsi Jawa Tengah sudah
menerapkan penggunaan aspal Buton sejak 2015, kemudian dilanjutkan pada
kegiatan rehabilitasi jalan provinsi pada 2015-2016. pada 2017-2020 aspal
Buton, dalam hal ini Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA), digunakan untuk
kegiatan pemeliharaan rutin jalan di jalan provinsi sepanjang 2.404,741
kilometer, Tambahnya.
Pada 2021,
penggunaan aspal Buton murni juga digunakan pada kegiatan peningkatan jalan
dengan realisasi volume aspal Buton sejumlah 631,95 ton. Penggunaan aspal Buton
murni naik pada 2022 menjadi 2.180,84 ton, dan rencananya kebutuhan aspal
tersebut bertambah pada 2023.
Kelebihan aspal
Buton selain produk dalam negeri, juga memiliki kepadatan bagus. Menurut data
dari laboratorium, aspal Buton mempunyai ketahanan yang lebih baik dari aspal
biasa.
0 komentar:
Posting Komentar