Jokowi
menargetkan 30 juta atau 62% dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)
untuk bisa go digital pada 2023 mendatang. Target tersebut, didorong melalui
program pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).
Menteri
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melaporkan, sebelum adanya Gernas
BBI tercatat sebanyak 8 juta UMKM yang go digital. Saat ini, sudah sebanyak 21
juta UMKM onboarding di e-commerce.
Bila sesuai
target pada tahun 2023, sebanyak 30 juta UMKM yang go digital, maka akan
menggerakan 1,7% tambahan pertumbuhan ekonomi dan 2 juta lapangan kerja baru.
“Potensi
transaksi pembelian dalam negeri yang kita targetkan Rp500 triliun, tulang
punggungnya ada di kita semua pelaku usaha UMKM. Bukan hanya bangga produk
buatan Indonesia tapi juga beli produk kreatif lokal kita,” kata Sandiaga Uno
dalam acara Ceremony & Harvesting Gernas BBI Sumatera Barat, Jumat, 16
September 2022.
Anggota
Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica
Widyasari Dewi menambahkan, OJK sebagai regulator melihat ditengah adanya
ancaman stagflasi dan inflasi, perekonomian nasional harus didorong dengan
pengembangan pusat ekonomi baru daerah.
Selain itu,
OJK juga akan terus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan agar dapat
melindungi dari skema – skema penipuan sistem keuangan bagi masyarakat dan
khsusnya UMKM.
0 komentar:
Posting Komentar